Pembinaan GPAI dan Pengurus KKG PAI Kota Jakarta Pusat


"Perspektif"

Pembinaan GPAI dan Pengurus KKG PAI Kota Jakarta Pusat 

Bertempat di SDN menteng 02, Jl. Tegal No. 10 Menteng Jakarta Pusat diadakan Pembinaan Guru PAI dan Pengurus KKG PAI Kota Jakarta pusat oleh Bidang PAKIS Kanwil kemenag Provinsi DKI Jakarta. Peserta pembinaan adalah para ketua KKG PAI Kecamatan se-Jakarta Pusat dan Ketua KKG PAI Jakarta Pusat serta Ketua KKG PAI Provinsi DKI Jakarta.

Materi pembinaan pertama disampaikan oleh kepala Bidang PAKIS, yaitu Bapak H. Misbak, M.Pd.I membawakan materi Kebijakan Bidang PAKIS dalam Peningkatan Profesionalisme KKG, MGMP Guru Pendidikan Agama Islam. Beliau mengajak agar GPAI yang bernaung pada wadah KKG agar menjadi teladan dalam membimbing dan mendidik peserta didik agar tetap berpegang teguh pada akidah yang benar dan berakhlak mulia, apalagi ditengah tantangan zaman yang semakin kompleks tantangan dan kendala semakin berat ditengah arus globalisasi teknologi informasi yang semakin deras dan bebas. Untuk itu peran dan pengaruh GPAI menjadi penting dalam memberikan keteladanan dan menyampaikan materi PAI secara baik dan menyenangkan.

Eksistensi KKG menjadi sebuah wadah atau forum kegiatan profesional Guru PAIuntuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan serta membina hubungan kerjasama secara koordinatif dan fungsional dengan dan antar GPAI dalam rangka mencapai tujuan yaitu Menjalin Hubungan dengan Kanwil, Kankemenag dan Dinas Pendidikan, Melakukan Diskusi-Diskusi tentang Profesionalitas dan Kemajuan KKG – MGMP Kedepan, Merancang Kisi-Kisi dan Pembuatan SOAL PAI (Membuat TIM) dan Menyusun Program KKG-MGMP yang disepakati oleh Pengurus dan Anggota.

Materi pembinaan selanjutnya disampaikan oleh Kasi PAIS Kemenag Provinsi DKI Jakarta, yaitu Bapak H. Dadi Suryadi, M.Pd.I. selain memberikan penguatan tentang Tupoksi Guru Pendidikan Agama Islam dan membahas Isue-isue berkaitan dengan kebijakan PAIS seperti Pemberian insentif GNPNS, Bantuan Subsidi Gaji GBPNS, Sosialisasi Tupoksi Kasi PAIsesuai PMA No 19 Tahun 2019, Siaga dan Emis, juga sosialisasi aplikasi monitoring penilaian PAI yang disebut dengan Si-Emon PAI yang akan diberlakukan pada awal semester 2 tahun pelajaran 2020-2021.

Monitoring dan supervisi yang selama ini dilakukan        oleh para pengawas dan kepala sekolah, adalah dengan system konvensional, masih menggunakan paper instrument untuk saat ini akan berbasis android atau online Saat ini yang dibutuhkan oleh pelaku monitoring adalah aplikasi monitoring berbasis android/online guna peningkatan monitoring pembelajaran pada guru pendidikan agama islam. Dan aplikasi ini saya beri label Si-eMON (system informasi elektronik monitoring) pendidikan agama islam bagi guru pai dilingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta.

 

7 Rabiul Akhir 1442 H/
23 November 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW