Pelajaran dari Perjalanan ke Gunung Gede Pangrango


"Perspektif"
Pelajaran dari Perjalanan ke Gunung Gede Pangrango 

Hari Senin, 16 November 2020 bersama rekan-rekan pengurus KKG PAI Provinsi DKI Jakarta setelah mengadakan rapat kerja kepengurusan kami mengadakan refreshing sekaligus tadabbur alam ke gunung Gede Pangrango Sukabumi dengan naik mobil angkot menuju lokasi.

Sesampainya di lokasi dan membayar tiket masuk kami berjalan menelusuri hutan dengan berjalan kaki, banyak pemandangan yang sangat indah dapat dinikmati mulai dari pepohonan yang hijau menyejukkan mata, melintasi jembatan gantung serta menikmati gemericik air terjun Curug Sawer yang jernih menambah takjub akan ciptaan Allah SWT.

Dari perjalanan tadabbur tersebut ada hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT. Diantara pelajaran itu adalah pertama, menambah keyakinan akan kemahakuasaan Allah SWT yang telah menciptakan hutan, Gunung dan air terjun yang begitu indah dan sempurna itu semua merupakan kasih sayang Allah kepada manusia agar dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia, menjaga dan melestarikan hutan dan segala yang ada di dalamnya merupakan tanggung jawab kita bersama.

Kedua, menambah pengetahuan dan pengalaman untuk semakin sadar akan kekurangan dan kelemahan diri dihadapan Allah SWT, dengan melihat dari merasakan dari dekat semua ciptaan Allah yang begitu indah dan sempurna. Ketiga, menjaga kekompakan dan ikatan silaturahim yang kuat antara saudara sehingga mempermudah segala urusan dan mendatangkan rezeki yang berkah.

Setiap perjalanan yang kita lakukan kapanpun dan dimanapun akan mendapatkan nilai tambah dan hikmah yang besar manakala kita mampu mengambil pelajaran darinya untuk memperkuat iman dan ilmu yang ada pada diri kita sebagai modal berbuat yang terbaik bagi sesama dan bagi semua makhluk ciptaan Allah SWT.

1 Rabiul Akhir 1442 H/
17 November 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW