Menumbuhkan Sikap Kreatif


“Perspektif”

 Menumbuhkan Sikap Kreatif

Sikap kreatif adalah sikap yang selalu mencari cara dan pendekatan terbaru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Menjadi kreatif adalah sebuah usaha dan kemauan yang dipupuk dan dilatih dengan kesabaran dan semangat yang pantang menyerah dalam mencoba hal-hal baru untuk menghasilkan sebuah karya. Siapapun kita bisa menjadi kreatif tanpa melihat latar belakang pendidikan dan status sosial, asal ada kemauan disitu ada jalan untuk menjadi seorang yang kreatif.

Segala perkembangan dan kemajuan teknologi yang kita nikmati sekarang merupakan karya kreatif dari pribadi yang selalu melihat peluang dari setiap kesempatan. Kalau mau melihat sejarah, para penemu dan pemikir besar dunia lahir dari pergulatan pengalaman hidupnya yang selalu gelisah mencermati kondisi masyarakat, sehingga mencari cara bagaimana melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan umat manusia.

Ditangan orang kreatif, pekerjaan apapun akan menjadi mudah dan menghasilkan manfaat bagi orang lain. Era sekarang dimana peluang kerja semakin sulit, pekerjaan yang semula dikerjakan oleh tangan-tangan manusia sudah digantikan dengan mesin, banyak pekerjaan baik dikantor pemerintah maupun di perusahaan sudah digantikan oleh mesin teknologi, akibatnya banyak pengangguran dan pengurangan pekerja. Hanya orang-orang kreatiflah yang bisa menciptakan usaha dan menghasilkan uang.

Khusus para guru, yang pekerjaan sehari-harinya selalu bersinggungan dengan dunia literasi dan ilmu pengetahuan, peluangnya besar untuk menghasilkan karya tulis baik dimedia cetak maupun digital, memulai menuliskan buah pikirannya melalui media sosial atau blog pribadi yang dimiliki untuk mengasah kreatifitas dan menghasilkan sebuah karya ilmiah.

Menulis apa saja, tentang tema apa saja jangan membatasi diri dan terpaku dengan aturan baku penulisan, jadikan sebagai ajang latihan untuk membentuk kebiasaan menjadi pribadi kreatif menghasilkan tulisan yang baik dan bermutu.


29 Safar 1442 H/ 17 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW