Memaknai Bertambahnya Usia Dalam Kehidupan Seseorang


“Perspektif”

Memaknai Bertambahnya Usia Dalam Kehidupan Seseorang

Bertambahnya usia dalam kehidupan seseorang sering disikapi dengan mengadakan perayaan hari ulang tahunnya dengan berbagai macam acara sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Bahwa masih diberikan umur yang Panjang, sehat jasmani dan rohani serta masih mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pribadi, keluarga, masyarakat, warga bangsa dan negara dengan baik dan lancar. Selain mengadakan syukuran dalam merayakan hari ulang tahunnya, ada hal yang lebih penting dilakukan seseorang ketika bertambah usia, yaitu melakukan refleksi diri untuk mengevaluasi dan menilai diri sendiri, apakah usia yang sudah berlalu telah dimanfaatkan untuk kebaikan dan hal-hal yang produktif atau sebaliknya diisi dengan hal-hal yang negatif.

Bertambahnya usia pada haikatnya berkurangnya jatah hidup kita di dunia yang fana ini, kita semakin dekat dengan ajal yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Sudah sepantasnya ketika bertambah usia, seseorang semakin baik dalam berpikir, berprilaku dan bersikap baik terhadap sesama manusia maupun hubungan kepada Allah SWT dengan melakukan ibadah-ibadah yang lebih berkualitas dari sebelumnya.

Dalam usia atau umur kita terkandung makna kumpulan waktu mulai dari detik, menit, jam, hari, bulan dan tahun, kumpulan waktu itu akan memiliki arti dan nilai apabila setiap detiknya kita manfaatkan untuk beribadah mencari ridha Allah SWT. Apapun status sosial kita, dihadapan Allah SWT yang memiliki nilai adalah orang yang paling bertaqwa. Oleh karena itu orang yang beruntung adalah orang yang setiap aktifitasnya bernilai ibadah.

Semoga dengan bertambahnya usia, bertambah pula kebaikannya, buka sebaliknya bertambah keburukannya. Niatkan dalam hati untuk terus melakukan perbaikan diri, tahun ini harus lebih baik dari tahun kemarin, tahun besok harus lebih baik dari tahun ini.

 

26 Safar 1442 H/ 14 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW

Contoh penelitian pemanfaatan internet Sebagai Sumber Belajar