Islam Solusi Terbaik Menuju Hidup Bahagia


“perspektif”

Islam Solusi Terbaik Menuju Hidup Bahagia

Kebahagiaan merupakan dambaan dan cita-cita semua orang dalam hidup di dunia ini, segala upaya dikerahkan dalam rangka menggapai kebahagiaan tersebut melalui berbagai macam strategi dan metode serta pendekatan, berbagai konsep dan teori kebahagiaan dipelajari secara mendalam, belajar dari para pelaku sejarah yang telah terbukti melalui perjuangan dan pengorbanan yang sangat besar tercatat dalam tinta emas keberhasilan perjuangannya dalam mewujudkan kebahagiaan hidup.

Tentunya setiap usaha pasti akan ada proses panjang yang dilalui jalan terjal dan berduri, cobaan dan rintangan akan selalu menghiasi hari-hari, ada harga yang harus dibayar untuk mencapai suatu tujuan yang mulia, orang yang berhasil dalam mencapai impian dan cita-citanya adalah mereka yang sudah teruji baik fisik maupun mentalnya dari segala cobaan dan penderitaan yang dialami untuk menggapai sebuah kebahagiaan.

Bagi seorang yang beragama Islam, lahir dari orang tua yang beragama Islam, hidup dilingkungan masyarakat yang beragama Islam, belajar dan mempelajari ilmu dan pengetahuan tentang agama Islam dari semenjak kecil sampai dewasa, dididik dan dibiasakan serta diberi contoh bagaimana menjalankan syariat Islam dalam kehidupan sehari-hari oleh orang tua kita, guru-guru kita, para pemimpin kita dan lingkungan masyarakat. Pastinya nilai dan karakter ajaran Islam sudah mendarahdaging dalam tubuh kita, menyatu dan melekat kuat dalam setiap perilaku baik ucapan dan tindakan kita menjadi bukti bahwa Islam adalah satu-satunya teman setia dalam menghadapi segala persoalan hidup dan kehidupan kita.

Pertanyaan besar yang timbul adalah mengapa ketika kita terbentur dengan problem kehidupan baik dari aspek sosial, ekonomi, politik, budaya, pendidikan, ideologi, pertahanan dan keamanan, teknologi, yang berkaitan dengan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara kita tidak mencari dan menjadikan Islam sebagai solusinya. Kita sibuk dan senang dengan solusi diluar Islam, masih mencari dan bangga dengan solusi diluar Islam bahkan dengan kita jadikan pedoman dan gaya hidup kita untuk mengatasi persoalan hidup dan kehidupan kita. Ini aneh bin ajaib orang Islam tapi tidak menerapkan nilai-nilai Islam dalam menjawab solusi hidupnya.

Persoalan apa yang tidak diatur dalam Islam, mulai dari hal-hal kecil dan sederhana sampai persoalan yang besar dan rumit, baik persoalan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara bahkan persoalan kehidupan diakhirat kelak semua sudah ada tata cara dan aturan mainnya dalam Islam. Setiap saat kita berdoa dan berharap melalui doa sapu jagat yaitu Rabbana Atiina Fidunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina ‘azabannar yang artinya Ya Rabb Tuhan Kami berilah kami kebahagiaan hidup di dunia dan diakhirat dan jauhkan kami dari siksa api neraka.

Ucapan dan doa tersebut bukan sekedar kata-kata kosong tanpa makna, itu merupakan janji dan komitmen bagi setiap Muslim, hanya dengan menerapkan dan menjadikan Islam sebagai jalan dan solusi dari setiap persoalan yang menimpa kita, maka sudah pasti dan dijamin oleh Allah SWT akan mendapatkan hidup yang bahagia baik di dunia dan di akhirat serta akan dimasukkan ke dalam surga Allah SWT.

Marilah bersama-sama kita menyadari dan kembali kepada jalan Islam yang sudah terang dan jelas serta pasti akan membimbing kita hidup bahagia, kita mulai dari diri sendiri dan keluarga yang terdekat untuk menjadikan Islam sebagai solusi menjawab persoalan hidup dan kehidupan kita sambil terus belajar mendalami dan meningkatkan wawasan dan pengetahuan kita tentang Islam, Insya Allah akan terwujud impian dan tujuan hidup yang bahagia yang hakiki.

 

22 Rabi'ul Awwal 1442 H/
8 Nopember 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW