Guru Zaman Now : antara Idealita dan Realita


“Perspektif” 

Guru Zaman Now : antara Idealita dan Realita

Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, apalagi tengah mewabahnya covid-19 sesuatu yang bukan kebetulan, semua sudah kehendak Allah SWT atas segala kejadian dan peristiwa yang menimpa makhluk dimuka bumi ini. Memasuki era globalisasi ditandai dengan kemajuan teknologi informasi membawa dampak positif dan negatif dalam semua aspek kehidupan umat manusia. Perkembangan teknologi informasi bagi dunia Pendidikan sangat memudahkan dalam proses pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini. Kebijakan belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh secara otomatis menggunakan metode daring dengan memanfaatkan internet sebagai sarana pembelajarannya.

Tantangan guru zaman now semakin berat dan besar karena harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dengan mampu mengoperasionalkan perangkat teknologi tersebut untuk media pembelajaran, padahal secara realita pengetahuan dan keterampilan guru belum merata dalam dunia teknologi digital.

Ketika diawal-awal pandemi covid-19 merebak, kebijakan belajar dari rumah diterapkan, banyak guru yang secara mental belum siap dengan hal tersebut, namun dengan berjalannya waktu walaupun dengan perlahan-lahan dengan semangat belajar yang tinggi, akhirnya dapat mengikuti walaupun dengan kemampuan seadanya.

Inilah realita kondisi skill guru-guru yang banyak telah berusia di atas 50 tahun, perlu pendampingan dan pelatihan khusus dari dinas Pendidikan setempat untuk peningkatan kemampuan menggunakan teknologi digital untuk proses pembelajaran peserta didik. Karena hal ini akan menjadi sesuatu keharusan untuk menghadapi perkembangan zaman.

 

27 Safar 1442 H/ 15 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW