Santri dan Budaya K-Pop



"Perspektif"

Santri dan Budaya K-Pop

Peringatan Hari Santri tahun 2020 ini mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” melalui tema tersebut diharapkan terwujudnya Indonesia yang kuat dari berbagai aspek kehidupan untuk kesejahteraan dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia, salah satunya dengan mewujudkan santri yang sehat baik, jasmani, rohani, pikiran dan perbuatan atau tingkah lakunya.

Indonesia dengan penduduk mayoritas beragama Islam dengan banyak yang berlatar belakang santri akhir-akhir ini sudah banyak mewarnai dan berkontribusi dalam memajukan Indonesia, dari sisi politik pemerintah, golongan santri telah berhasil mengantarkan menjadi wakil presiden Indonesia untuk masa bakti tahun 2019-2024. Harapan dan keinginan masyarakat Indonesia kebijakan dan program pemerintah untuk memajukan Islam di Indonesia semakin terbuka.

Para santri di era millenial ini menghadapi tantangan budaya dari luar baik dari barat maupun dari timur khususnya budaya K-Pop yang pengaruhnya di dunia remaja dan pemuda semakin kuat dan menggerus budaya asli Indonesia. Hal ini karena kita belum siap dengan perkembangan dan kemajuan peradaban mereka. Massifnya pengaruh K-Pop dalam dunia remaja banyak mempengaruhi cara berpikir, dan bertingkah laku para remaja menjadi semakin jauh dari nilai-nilai moral dan adat istiadat yang sudah tertanam kuat pada bangsa Indonesia.

Salah satu solusi dalam menghadapi gempuran budaya K-Pop yang banyak merusak generasi muda, perlu dibuatkan kebijakan budaya memberikan kemudahan akses dan memberikan fasilitas untuk berkreasi dan berkarya memperkuat kemajuan budaya bangsa Indonesia di mata dunia, menggali dan mempertahan serta melestarikan budaya dan adat istiadat yang membawa kemajuan bangsa yang diambil dari budaya asli leluhur bangsa Indonesia.

Peran dan kontribusi santri sangat diharapkan dengan menciptakan budaya santri dalam menjiwai setiap karya dan produk budaya yang dihasilkan sehingga santri Indonesia menjadi contoh generasi muda lainnya dalam memaknai dan mengembangkan budaya yang sesuai dengan era millenial.

 

5 Rabi’ul Awwal 1442 H/

22 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW

Contoh penelitian pemanfaatan internet Sebagai Sumber Belajar