Menyoroti Peran dan Fungsi Masjid.

"Perspektif"

Menyoroti Peran dan Fungsi Masjid.

Masjid merupakan rumah atau bangunan tempat bersembahyang atau beribadah umat Islam memiliki banyak peran disamping sebagai tempat salat bagi umat Islam. Kali ini penulis mencoba menguraikan peran apa saja yang dimiliki masjid sehingga memberikan manfaat yang besar bagi jemaah khususnya dan masyarakat sekitarnya.

Sebagaimana kita ketahui bersama selama ini masjid hanya berfungsi sebagai tempat ibadah wajib saja seperti, salat lima waktu, pengajian majlis talim, pengajian anak-anak dan remaja, dan kegiatan keagamaan lainnya, padahal seharusnya masjid menjadi tempat pusat kegiatan umat Islam sebagai wadah untuk mensejahterakan dan memberdayakan umat dalam semua aspek kehidupan.

Kalau mau jujur melihat realitas kehidupan mayoritas umat Islam khususnya di tempat tinggal kita masih perlu ditingkatkan dan diperhatikan, masjid belum banyak memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran jemaah dan masyarakat di lingkungan masjid.

Untuk menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan umat Islam bukan hanya tanggung jawab pengurus saja, tapi tanggung jawab jemaah dan warga masyarakat serta pemerintah baik daerah maupun pusat.

Peran pemerintah dan masyarakat melalui program pemberdayaan masjid memang sudah ada, namun belum maksimal dan perlu ditingkatkan lagi, salah satunya dengan mengadakan secara rutin dan terprogram pelatihan pengurus masjid dan jemaah dengan menggandeng dunia usaha dan pihak swasta sehingga memiliki wawasan dan keterampilan untuk memberdayakan masjid sebagai sarana membangun kesejahteraan dan kemakmuran umat.

 

17 Safar 1442 H /

5 Oktober 2020

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW

Contoh penelitian pemanfaatan internet Sebagai Sumber Belajar