Membangun Dialog, Menyeselesaikan Permasalahan

"Perspektif" 

Membangun Dialog, Menyeselesaikan Permasalahan

Setiap kita terlahir memiliki permasalahannya masing-masing, selesai satu masalah datang permasalahan yang baru, hidup manusia memang tidak terlepas dari masalah-masalah yang menyelimutinya, hidup adalah perjuangan menyelesaikan berbagai masalah yang menimpa setiap saatnya. Eksistensi kita ditentunya sejauhmana mampu menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dengan baik. Ada beberapa tipe manusia dalam memandang permasalahan atau problem, pertama, orang yang lari dari masalah, jenis orang seperti ini ia akan mencari kambing hitam atau sejuta alasan untuk menyalahkan diluar dirinya ketika menghadapi masalah dalam hidupnya, masalah dianggap sebagai suatu beban yang kan mempersulit jalan hidupnya. Biasanya keberadaan mereka dimanapun akan menyadi pembawa dan penyebab suatu ketidakstabilan atau konflik dengan siapapun dan apapun yang ditemuinya, karena baginya yang tidak sesuai dengan keinginannya adalah penghambat dalam meraih cita-cita.

Kedua, bertanggung jawab, tipe manusia kedua ini, ia kan tersenuym dan memiliki jiwa terbuka apabila menghadapai masalah, masalah dianggapnya sebagai teman yang kan meningkatkan kualitas kehidupan, setiap masalah datang, ia pantang lari darinya, karena menyadari dibalik masalah ada hikmah yang besar yang akan diperoleh, tidak ada permasalahan yang tidak ada solusi, sepanjang mau mencari solusi dan fokus dengan solusi, maka sebesar apapun masalah yang menimpa, akan mudah menyelesaikannya.

Salah satu solusi menyelesaikan masalah yang menimpa pada seseorang, baik itu masalah keluarga, anak, pekerjaan, atau yang lebih besar lagi masalah masyarakat, bangsa dan negara, dengan membuka dialog melalui komunikasi yang hangat mengajak dialog dari hati-kehati dan mau mendengarkan isi hati seseorang, maka akan terbangun suasana kondusif dengan sendirinya akan muncul solusi bersama, dan kesepakatan untuk berdamai dan mau merubah dan melakukan perbaikan yang disepakati.

Semangat mencari solusi dengan hati yang tulus, mau mendengarkan permasalahan yang dihadapi seseorang dan berhati lapang akan dapat dan mudah menyelesaikan setiap problem kehidupan seberap dan sebesar apapun, pasti akan dapat diselesaikan dengan baik.

  

7  Rabi’ul Awwal 1442 H/

24 Oktober 2020




Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW

Contoh penelitian pemanfaatan internet Sebagai Sumber Belajar