Makna Memperingati Hari Kesaktian Pancasila


"Perspektif"

Makna Memperingati Hari Kesaktian Pancasila

Setiap tanggal 1 Oktober kita selalu memperingati hari kesaktian Pancasila untuk mengingatkan dan menyadarkan kita bahwa Pancasila sebagai dasar negara mendapat ujian dan rongrongan dari kelompok komunis yang akan mengganti Pancasila sebagai dasar negara.

Hari ini tepat 75 tahun yang lalu, telah terjadi gerakan yang disebut G 30 S PKI yaitu gerakan 30 September PKI, PKI melakukan pembunuhan terhadap para jenderal angkatan darat karena dianggap menghalangi tujuan mereka untuk mengganti dasar negara pancasila dengan komunis. Pancasila menunjukkan kesaktiannya sebagai dasar negara sampai detik ini dan seterusnya sampai waktu yang membuktikannya.

Pancasila menjadi sakti dan kuat sebagai dasar negara ketika sebagai penyelenggara negara dan masyarakat membuktikan kesaktiannya dalam praktik kehidupan sehari-hari, diantara nilai-nilai pancasila yang yang senantiasa kita jaga dan praktikkan adalah pertama, Nilai Ketuhanan, menjadikan Tuhan sebagai tujuan dan motivasi dalam beraktifitas dan beribadah serta menjiwai semua nilai yang ada di dalam Pancasila. Kedua, Nilai kemanusiaan, memanusiakan manusia dengan memiliki jiwa dan semangat peduli sesama dilandasi jiwa gotong royong dengan sikap adil dan beradab. Ketiga, Nilai persatuan dan kesatuan. Semangat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI dari pihak-pihak baik dari dalam maupun luar yang akan memecahbelah dan merusak keutuhan NKRI. Keempat, nilai demokrasi, demokrasi pancasila belum sepenuhnya menjiwai dan direalisasikan dengan baik oleh para elit bangsa yaitu demokrasi yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat.

Terakhir kelima, nilai keadilan. Akibat dari 4 nilai sebelumnya yaitu nilai ketahanan, kemanusiaan, persatuan, dan demokrasi belum berjalan dengan baik, maka nilai keadilan banyak mengalami kendala dalam pelaksanaannya, kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat masih jauh dari kesejahteraan dan kemakmuran di tengah masyarakat.

Semoga dengan peringatan hari kesaktian Pancasila tahun ini, keadilan dan kesejahteraan masyarakat ada perbaikan dan perubahan menuju masyarakat yang adil dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

13 Safar 1442 H /

1 Oktober 2020


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW

Contoh penelitian pemanfaatan internet Sebagai Sumber Belajar