Makna Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020


“perspektif”

Makna Memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020

Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, dalam rangka mengenang dan mengambil pelajaran berharga untuk generasi penerus untuk melanjutkan nilai-nilai kepahlawanan dalam membangun bangsa dan negara. Semangat dan ruh perjuangan para pahlawan yang telah mereka wariskan harus dijaga dan dipertahankan dengan kerja nyata dan menghasilkan produktifitas tinggi di setiap aspek kehidupan baik dilingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Para pahlawan dahulu berjuang mengangkat senjata untuk mengusir penjajah yang mencoba kembali mengusik kemerdekaan yang sudah diperoleh dengan tetesan darah dan air mata para pejuang. Bung Tomo memekikkan takbir “ Allah Akbar” membakar semangat para pejuang yang berada di Surabaya. Peristiwa heroik tersebut diabadikan menjadi Hari Pahlawan.

Tema Hari Pahlawan 2020 adalah “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tema ini mengajak kita menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan kita sehari-hari. Apalagi di masa sekarang kondisi bangsa Indonesia sedang membutuhkan bantuan dan kontribusi dan seluruh rakyat Indonesia, berbagai krisis sedang melanda sehingga perjalanan semakin berat dan tantangan semakin besar menghadang di depan mata.

Hari pahlawan kali ini merupakan momentum yang tepat untuk bersama-sama mencarikan solusi agar keluar dari berbagai krisis yang melanda, sekecil apapun kontribusi kita kepada bangsa Indonesia merupakan wujud kecintaan kita untuk menerapkan dan menjadikan kita sebagai pahlawan-pahlawan masa kini. Langkah konkrit dan peran nyata kita akan memberikan harapan dan semangat baru untuk segera keluar dan bebas dari krisis menuju bangsa yang maju, adil dan sejahtera.

Jadilah pahlawan-pahlawan masa kini yang rela berkorban baik tenaga, pikiran, harta, jabatan, pangkat, kedudukan, bahkan nyawa sekalipun demi tegak dan jayanya bangsa Indonesia di mata dunia. Apapun yang kita berikan dan korbankan demi kemajuan bangsa akan dicatat sebagai amal jariah dan mendapat pahala yang besar disisi Allah SWT.

24 Rabi'ul Awwal 1442 H/
10 November 2020 


Komentar

  1. Mantap....trima kasih jg suamiku karena sudah menjadi pahlawan keluarga....😘😊

    BalasHapus

Posting Komentar

(Dimohon mengisi komentar demi perbaikan)

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT

SIFAT SHALAT NABI SAW