GURU ZAMAN NOW

GURU ZAMAN NOW
Oleh : Hidayatullah, M.Pd.I[1]

            Memasuki abad 21 perkembangan dunia semakin maju dan membutuhkan kemampuan sumber daya manusia yang semakin canggih, cepat dan efektif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai manusia pembangunan, apabila tidak ingin terlindas dan tertinggal oleh perkembangan zaman. Kecanggihan, kecepatan dan kefektifan merupakan prasyarat manusia zaman teknologi informasi yang semua pekerjaan dikerjakan dengan menghasilkan kualitas terbaik.
            Kebutuhan sumber daya manusia yang handal hampir diperlukan oleh semua bidang kehidupan, karena hanya dengan kemampuan yang mumpunilah semua pekerjaan yang tersedia akan dapat berjalan dengan baik. Lembaga yang berperan strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal adalah dunia pendidikan. Kehadiran dunia pendidikan yang berkualitas baik dari sisi input, proses maupun hasil akan dapat menentukan kemajuan suatu bangsa. Sudah banyak fakta berbicara bangsa yang maju adalah bangsa yang memperioritaskan pendidikan sebagai panglima pembangunannya.
            Kita juga dapat menyaksikan suatu bangsa itu terbelakang, karena tidak memperhatikan dan menjadikan pendidikan sebagai prioritas pembangunan sehingga tenaga kerja atau pelaku pembangunan tidak siap dalam bersaing di dunia kerja, mereka sibuk dengan konflik sosial dan mengalami kemunduran dalam berfikir akibat tidak ada kompetisi yang sehat dan tantangan besar untuk mencapai kemajuan yang diharapkan. Pendidikan harus menjadi pondasi dalam memajukan suatu bangsa melalui kebijakan dan anggaran yang disediakan serta sarana dan prasarana pendidikan yang lengkap sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.
            Kemajuan dunia pendidikan dihasilkan dari tenaga pendidik atau guru yang kreatif dan inovatif serta berkemauan besar dalam mencapai cita-cita yang diharapkan dalam mencetak generasi abad 21 yang memiliki kecakapan berfikir kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif sehingga dibutuhkan tenaga pendidik yang juga memiliki kualifikasi yang handal. Guru yang berkualitas akan menghasilkan peserta didik yang berkualitas pula, begitu juga sebaliknya, guru yang miskin kreatifitas dan kualitas akan menghasilkan peserta didik yang miskin kreatifitas dan kualitas pula. Dapat dipastikan bahwa tenaga pendidik atau gurulah inti dari kemajuan dunia pendidikan suatu bangsa.


            Potret guru di Indonesia secara umum masih jauh tertinggal dari negara-negara lain baik di negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura maupun negara Eropa dan Amerika yang sudah sangat maju dan kreatif memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk memajukan dunia pendidikan. Salah satu faktor masih jauh tertinggal kualitas guru kita adalah miskinnya kreatifitas dan inovasi dalam mencari terobosan baru dan kurang berani dalam mencoba hal-hal yang baru untuk memecahkan problem di dunia pendidikan, sehingga dunia pendidikan kita miskin kreatifitas dan dampaknya kepada out put yang dihasilkan tidak siap dalam menghadapi perkembangan zaman.
            Faktor selanjutnya kenapa guru-guru kita masih jauh tertinggal dari negara lain adalah berhenti belajar dalam menggali pengetahuan, padahal pengetahun bersifat dinamis dan selalu berubah. Mental cepat puas dan merasa paling pintar dalam segala hal dapat menutup diri dari perkembangan dunia luar, sehingga tidak mau belajar lagi untuk memperbaiki kualitas diri. Terbukti dalam proses pembelajaran yang masih menggunakan sistem konvensional dalam mengajar peserta didik, seperti proses pembelajaran yang membosankan dan membuat peserta didik jenuh, karena minat, bakat dan kreatifitasnya kurang tergali dan tersalurkan dengan semestinya.
            Belajar dari kekurangan tersebut, bagaimana sikap dan tindakan yang harus diambil secara cepat oleh guru yang masih memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi dan  kemauan yang besar dalam memajukan dunia pendidikan bangsa Indonesia. Itulah tantangan yang terbesar bagi guru zaman now sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Di era teknologi informasi yang semakin cepat dan canggih ini guru harus dapat merespon dengan kreatifitas dan inovasi yang tinggi melalui penggunaan sarana teknologi tersebut untuk melakukan proses pembelajaran.
            Apa saja kualifikasi kompetensi yang harus dimiliki oleh guru zaman now dan tindakan apa yang harus dilakukan sehingga dapat survive di abad 21 ini. Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat di semua aspek kehidupan, semua ruang dan tempat dapat dipastikan menggunakan teknologi informasi dalam menunjang produktifitas kerja yang dilakukan. Kemudahan akses informasi membuka rahasia kehidupan yang selama ini masih dianggap tabu dan mustahil. Memperjelas makna dan simbol-simbol kehidupan dan membuat efektif dan efesien suatu pekerjaan. Sebagaimana peribahasa yang selalu kita dengar, siapa yang menguasai informasi dialah yang menguasai dunia sekarang.
            Agar guru zaman now tetap survive dengan perkembangan zaman, maka diperlukan beberapa persyaratan yang harus dimiliki dan dikuasai, yaitu antara lain, pertama menjadikan sarana tenologi informasi sebagai sumber belajar dan menjadi sahabat keseharian dalam proses belajar mengajar. Artinya fasilitas dan sarana teknologi informasi, seperti smartphone, laptop, komputer, internet dan lain sebagainya dapat diberdayakan untuk menghasilkan pembelajaran yang kekinian dan kedisinian sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan penuh dengan kreatifitas dan inovasi            sehingga membawa peserta didik menemukan jati dirinya dan berkembang bakat dan minatnya.
            Kedua, Guru zaman now harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan keahliannya dibidang masing-masing dengan menjadikan perkembangan teknologi informasi sebagai sarana efektif meningkatkan kualitas diri. Banyak sarana dan media yang tersedia untuk meningkatkan kualitas keahlian sebagai guru, baik melalui diklat online maupun bergabung di group-group media sosial yang sesuai di bidangnya yaitu dunia pendidikan sehingga selalu mengikuti perkembangan zaman. Salah satu diklat online dunia pendidikan yang sangat bagus untuk selalu update adalah group guru dahsyat nusantara atau disingkat GGDN yang menggunakan aplikasi telegram sebagai media untuk dikat onlinenya. Materi yang dibahas sangat cocok untuk guru zaman now, mulai dari pembahasan RPP sampai pembuatan aplikasi media pembelajaran dan yang tak kalah pentingnya adalah sebagai sarana komunikasi dan silaturahmi dengan guru se nusantara, dapat berbagi pengalaman dan memberi dan menerima gagasan terbaru serta membuat produk pendidikan seperti buku bacaan dan lain sebagainya.
            Dunia pendidikan Indonesia akan maju dan menghasilkan produk pendidikan yang handal dan berkualitas apabila pelaku pendidikannya yaitu guru selalu membuka diri dengan perkembangan zaman dan memanfaatkan sarana teknologi informasi untuk proses pembelajaran di kelas. Kelas yang baik adalah kelas yang warga kelasnya selalu kreatif dan inovatif dalam pembelajarannya dengan difasilitasi oleh guru yang kreatif dan inovatif pula. Kelas zaman now tidak terbatas dan disekat oleh tembok dan gedung semata, tapi sudah luas maknanya dimanapun dan kapanpun proses pembelajaran dapat berlangsung.
Guru zaman now sudah harus memikirkan dan mencarikan solusi bagaimana pembelajaran dan proses pendidikan berlangsung bukan hanya di kelas yang sempit, tapi sudah harus dimulai pembelajaran di dunia maya dengan menggunakan media sosial dan jaringan internet sebagai sarana yang efektif untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Semua kita adalah guru dan semua kita adalah peserta didik yang dapat berinteraksi kapanpun dan dimanapun. Setiap guru harus dapat memiliki kelas-kelas online dalam pembelajaran yang diampunya dengan begitu pembelajaran berlangsung kapanpun dan dimanapun tanpa dibatasi waktu dan tempat.
            Guru zaman now adalah guru yang memiliki kompetensi abad 21 yaitu, berfikir kritis, kreatif dan inovatif, komunikatif dan selalu berkolaborasi dengan semua elemen bangsa lainnya terutama dunia pendidikan dalam mencapai kemajuan bersama. Indonesia ke depan akan menjadi negara yang maju dan bersaing dengan negara-negara lain, bahkan menjadi pemimpin dunia apabila dimulai dari gurunya yang memiliki kemauan untuk maju dan membuka diri dengan kemajuan. Kemajuan dan perkembangan dunia teknologi informasi semakin pesat dan dinamis berdampak positif terhadap dunia pendidikan dengan terbuka luasnya akses kepada sumber pengetahuan sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa kemajuan suatu bangsa.
            Pendidikan Agama Islam adalah salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada peserta didik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi memegang peranan yang sangat fundamental dalam membentuk akhlak dan karakter mulia suatu bangsa, selama ini proses pembelajaran pendidikan agama Islam terkesan membosankan dan miskin kreatifitas sehingga peserta didik kurang mengapresiasi dengan maksimal. Mulai sekarang pendidikan agama Islam dapat berkolaborasi dengan teknologi informasi dalam proses pembelajarannya sehingga dapat menarik dan menyenangkan peserta didik.
            Mari kita mulai dari diri kita sendiri, mulai dari hal-hal yang kecil dan mulai dari sekarang mengawali perubahan sebagai guru zaman now dengan menjadikan sarana teknologi informasi sebagai sumber belajar dan sumber meningkatkan kompetensi diri sehingga kita menjadi guru yang maju dan memiliki komptensi yang diharapkan sebagai prasyarat abad 21.


[1] Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Menteng 02 Pagi Jakarta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL KEGIATAN PESANTREN KILAT RAMADHAN 1433 H / 2012 M SD/MI SE- KECAMATAN MENTENG KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT