GURU ZAMAN NOW
GURU ZAMAN NOW
Oleh : Hidayatullah, M.Pd.I[1]
Memasuki abad 21
perkembangan dunia semakin maju dan membutuhkan kemampuan sumber daya manusia
yang semakin canggih, cepat dan efektif dalam melaksanakan tugas dan tanggung
jawab sebagai manusia pembangunan, apabila tidak ingin terlindas dan tertinggal
oleh perkembangan zaman. Kecanggihan, kecepatan dan kefektifan merupakan
prasyarat manusia zaman teknologi informasi yang semua pekerjaan dikerjakan
dengan menghasilkan kualitas terbaik.
Kebutuhan sumber
daya manusia yang handal hampir diperlukan oleh semua bidang kehidupan, karena
hanya dengan kemampuan yang mumpunilah semua pekerjaan yang tersedia akan dapat
berjalan dengan baik. Lembaga yang berperan strategis dalam menyiapkan sumber
daya manusia yang handal adalah dunia pendidikan. Kehadiran dunia pendidikan
yang berkualitas baik dari sisi input, proses maupun hasil akan dapat
menentukan kemajuan suatu bangsa. Sudah banyak fakta berbicara bangsa yang maju
adalah bangsa yang memperioritaskan pendidikan sebagai panglima pembangunannya.
Kita juga dapat
menyaksikan suatu bangsa itu terbelakang, karena tidak memperhatikan dan
menjadikan pendidikan sebagai prioritas pembangunan sehingga tenaga kerja atau
pelaku pembangunan tidak siap dalam bersaing di dunia kerja, mereka sibuk
dengan konflik sosial dan mengalami kemunduran dalam berfikir akibat tidak ada
kompetisi yang sehat dan tantangan besar untuk mencapai kemajuan yang
diharapkan. Pendidikan harus menjadi pondasi dalam memajukan suatu bangsa
melalui kebijakan dan anggaran yang disediakan serta sarana dan prasarana
pendidikan yang lengkap sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik dan
dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.
Kemajuan dunia
pendidikan dihasilkan dari tenaga pendidik atau guru yang kreatif dan inovatif
serta berkemauan besar dalam mencapai cita-cita yang diharapkan dalam mencetak
generasi abad 21 yang memiliki kecakapan berfikir kritis, kreatif, komunikatif
dan kolaboratif sehingga dibutuhkan tenaga pendidik yang juga memiliki kualifikasi
yang handal. Guru yang berkualitas akan menghasilkan peserta didik yang
berkualitas pula, begitu juga sebaliknya, guru yang miskin kreatifitas dan
kualitas akan menghasilkan peserta didik yang miskin kreatifitas dan kualitas
pula. Dapat dipastikan bahwa tenaga pendidik atau gurulah inti dari kemajuan
dunia pendidikan suatu bangsa.
Potret guru di
Indonesia secara umum masih jauh tertinggal dari negara-negara lain baik di
negara tetangga seperti Malaysia atau Singapura maupun negara Eropa dan Amerika
yang sudah sangat maju dan kreatif memanfaatkan perkembangan teknologi
informasi untuk memajukan dunia pendidikan. Salah satu faktor masih jauh
tertinggal kualitas guru kita adalah miskinnya kreatifitas dan inovasi dalam
mencari terobosan baru dan kurang berani dalam mencoba hal-hal yang baru untuk
memecahkan problem di dunia pendidikan, sehingga dunia pendidikan kita miskin
kreatifitas dan dampaknya kepada out put yang dihasilkan tidak siap dalam
menghadapi perkembangan zaman.
Faktor selanjutnya
kenapa guru-guru kita masih jauh tertinggal dari negara lain adalah berhenti
belajar dalam menggali pengetahuan, padahal pengetahun bersifat dinamis dan selalu
berubah. Mental cepat puas dan merasa paling pintar dalam segala hal dapat
menutup diri dari perkembangan dunia luar, sehingga tidak mau belajar lagi
untuk memperbaiki kualitas diri. Terbukti dalam proses pembelajaran yang masih
menggunakan sistem konvensional dalam mengajar peserta didik, seperti proses
pembelajaran yang membosankan dan membuat peserta didik jenuh, karena minat,
bakat dan kreatifitasnya kurang tergali dan tersalurkan dengan semestinya.
Belajar dari
kekurangan tersebut, bagaimana sikap dan tindakan yang harus diambil secara
cepat oleh guru yang masih memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi dan kemauan yang besar dalam memajukan dunia
pendidikan bangsa Indonesia. Itulah tantangan yang terbesar bagi guru zaman now
sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Di era
teknologi informasi yang semakin cepat dan canggih ini guru harus dapat
merespon dengan kreatifitas dan inovasi yang tinggi melalui penggunaan sarana
teknologi tersebut untuk melakukan proses pembelajaran.
Apa saja
kualifikasi kompetensi yang harus dimiliki oleh guru zaman now dan tindakan apa
yang harus dilakukan sehingga dapat survive
di abad 21 ini. Abad 21 ditandai dengan perkembangan teknologi informasi yang
semakin cepat di semua aspek kehidupan, semua ruang dan tempat dapat dipastikan
menggunakan teknologi informasi dalam menunjang produktifitas kerja yang
dilakukan. Kemudahan akses informasi membuka rahasia kehidupan yang selama ini
masih dianggap tabu dan mustahil. Memperjelas makna dan simbol-simbol kehidupan
dan membuat efektif dan efesien suatu pekerjaan. Sebagaimana peribahasa yang
selalu kita dengar, siapa yang menguasai informasi dialah yang menguasai dunia
sekarang.
Agar guru zaman
now tetap survive dengan perkembangan zaman, maka diperlukan beberapa
persyaratan yang harus dimiliki dan dikuasai, yaitu antara lain, pertama
menjadikan sarana tenologi informasi sebagai sumber belajar dan menjadi sahabat
keseharian dalam proses belajar mengajar. Artinya fasilitas dan sarana
teknologi informasi, seperti smartphone, laptop, komputer, internet dan lain
sebagainya dapat diberdayakan untuk menghasilkan pembelajaran yang kekinian dan
kedisinian sehingga menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan penuh
dengan kreatifitas dan inovasi sehingga
membawa peserta didik menemukan jati dirinya dan berkembang bakat dan minatnya.
Kedua, Guru zaman
now harus senantiasa meningkatkan kompetensi dan keahliannya dibidang
masing-masing dengan menjadikan perkembangan teknologi informasi sebagai sarana
efektif meningkatkan kualitas diri. Banyak sarana dan media yang tersedia untuk
meningkatkan kualitas keahlian sebagai guru, baik melalui diklat online maupun
bergabung di group-group media sosial yang sesuai di bidangnya yaitu dunia
pendidikan sehingga selalu mengikuti perkembangan zaman. Salah satu diklat
online dunia pendidikan yang sangat bagus untuk selalu update adalah group guru
dahsyat nusantara atau disingkat GGDN yang menggunakan aplikasi telegram
sebagai media untuk dikat onlinenya. Materi yang dibahas sangat cocok untuk
guru zaman now, mulai dari pembahasan RPP sampai pembuatan aplikasi media
pembelajaran dan yang tak kalah pentingnya adalah sebagai sarana komunikasi dan
silaturahmi dengan guru se nusantara, dapat berbagi pengalaman dan memberi dan
menerima gagasan terbaru serta membuat produk pendidikan seperti buku bacaan
dan lain sebagainya.
Dunia pendidikan
Indonesia akan maju dan menghasilkan produk pendidikan yang handal dan
berkualitas apabila pelaku pendidikannya yaitu guru selalu membuka diri dengan
perkembangan zaman dan memanfaatkan sarana teknologi informasi untuk proses
pembelajaran di kelas. Kelas yang baik adalah kelas yang warga kelasnya selalu
kreatif dan inovatif dalam pembelajarannya dengan difasilitasi oleh guru yang
kreatif dan inovatif pula. Kelas zaman now tidak terbatas dan disekat oleh
tembok dan gedung semata, tapi sudah luas maknanya dimanapun dan kapanpun
proses pembelajaran dapat berlangsung.
Guru zaman now sudah harus memikirkan dan
mencarikan solusi bagaimana pembelajaran dan proses pendidikan berlangsung
bukan hanya di kelas yang sempit, tapi sudah harus dimulai pembelajaran di
dunia maya dengan menggunakan media sosial dan jaringan internet sebagai sarana
yang efektif untuk berlangsungnya proses pembelajaran. Semua kita adalah guru
dan semua kita adalah peserta didik yang dapat berinteraksi kapanpun dan
dimanapun. Setiap guru harus dapat memiliki kelas-kelas online dalam
pembelajaran yang diampunya dengan begitu pembelajaran berlangsung kapanpun dan
dimanapun tanpa dibatasi waktu dan tempat.
Guru zaman now
adalah guru yang memiliki kompetensi abad 21 yaitu, berfikir kritis, kreatif
dan inovatif, komunikatif dan selalu berkolaborasi dengan semua elemen bangsa
lainnya terutama dunia pendidikan dalam mencapai kemajuan bersama. Indonesia ke
depan akan menjadi negara yang maju dan bersaing dengan negara-negara lain,
bahkan menjadi pemimpin dunia apabila dimulai dari gurunya yang memiliki
kemauan untuk maju dan membuka diri dengan kemajuan. Kemajuan dan perkembangan
dunia teknologi informasi semakin pesat dan dinamis berdampak positif terhadap
dunia pendidikan dengan terbuka luasnya akses kepada sumber pengetahuan
sehingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa kemajuan suatu
bangsa.
Pendidikan Agama
Islam adalah salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan kepada peserta
didik dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi memegang peranan yang
sangat fundamental dalam membentuk akhlak dan karakter mulia suatu bangsa,
selama ini proses pembelajaran pendidikan agama Islam terkesan membosankan dan
miskin kreatifitas sehingga peserta didik kurang mengapresiasi dengan maksimal.
Mulai sekarang pendidikan agama Islam dapat berkolaborasi dengan teknologi
informasi dalam proses pembelajarannya sehingga dapat menarik dan menyenangkan
peserta didik.
Mari kita mulai
dari diri kita sendiri, mulai dari hal-hal yang kecil dan mulai dari sekarang
mengawali perubahan sebagai guru zaman now dengan menjadikan sarana teknologi
informasi sebagai sumber belajar dan sumber meningkatkan kompetensi diri
sehingga kita menjadi guru yang maju dan memiliki komptensi yang diharapkan
sebagai prasyarat abad 21.
Komentar
Posting Komentar
(Dimohon mengisi komentar demi perbaikan)